Web Desa Resmi Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur

Senin, 12 Desember 2016

Khas dari Sambongrejo, Sambel Sambong dan Pelas Sukun

Sambongrejo - Di wilayah Desa Sambongrejo, ada beberapa menu kuliner yang cukup khas dan jarang ditemukan di tempat lain. Yang pertama adalah menu kuliner yang masih berupa hidangan rumahan, kami menyebutnya dengan nama sambel sambong, yang dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa menu ini adalah olahan sambal.

Sambal yang digunakan adalah sambal terasi dan yang membuat cukup khas adalah campuran tambahan di dalamnya. Ikan teri, yakni ikan kecil-kecil yang agak asin, tak harus ikan laut karena Desa Sambongrejo adalah kawasan yang jauh dari laut, bisa dengan menggunakan ikan dari Kali Pacal yang ada di wilayah tersebut.

Rasa dari Sambel Sambong cukup kuat dan menyengat lidah, perpaduan dari rasa manis, sedikit gurih asin dan pedas yang menggigit. Sambel Sambong ini sangat pas disajikan dengan nasi jagung.

Menu kedua adalah, Pelas Sukun. Meskipun ada nama Dukuh Sukun di Desa Sambongrejo, ternyata Pelas Sukun justru lebih banyak dibuat oleh warga dari Dukuh Kenongorejo. Pelas sendiri merupakan sebutan untuk nama makanan berbahan dasar jagung yang dihaluskan, di daerah lain disebut juga dengan dadar jagung, namun Pelas Sukun sama sekali tak menggunakan bahan jagung, melainkan berbahan buah sukun.

Sukun yang dihaluskan kemudian dibentuk bola-bola dan digoreng, itulah Pelas Sukun yang mudah ditemui saat ada pasar dadakan. Rasa sukun yang manis dengan teksturnya yang getas, membuat Pelas Sukun cukup berbeda dengan camilan lain. (sbg/esp)
Share:

Eksposa