Web Desa Resmi Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur

Selasa, 03 Januari 2017

Pertengahan 2017, Panen Jambu Merah di Agro Gandul

Sambongrejo - Sebanyak 150 batang pohon jambu merah telah ditanam di kawasan Watu Gandul, hal itu merupakan wujud nyata upaya Pemerintah Desa bersama LMDH setempat dalam mewujudkan kawasan yang direkomendasikan oleh pakar geologi sebagai Geo Heritage sebagai salah satu destinasi wisata. Menurut Eko Prasetyono, Kepala Desa Sambongrejo, tanaman jambu merah tersebut dilokalisir di bagian utara Watu Gandul.

"Pengelolaannya oleh petani LMDH yang memang selama ini memanfaatkan lahan tersebut," ujarnya. Sebenarnya ada 300 batang bibit jambu merah yang siap tanam.

Dengan telah ditanamnya pohon jambu merah tersebut, diharapkan bakal menunjang daya tarik kawasan tersebut. "Selain itu juga menambah nilai petani, itu oleh yang lainnya juga bisa ditangkap peluangnya. Yakni saat panen, dengan menjadi agen pemasaran atau pengolahan hasil panennya," tambahnya.

Apabila penanganan dan pemeliharaan semenjak pembibitan hingga panen dilakukan secara baik dan benar serta memenuhi aturan yang ada, maka dapat diperkirakan mendapatkan hasil yang cukup fantastis. Pada penanaman 150 pohon tersebut, setelah 2-3 bulan setelah tanam sudah mulai berbunga dan 6 bulan sudah mulai dipanen.

Saat telah melewati masa awal tanam, maka jambu biji merah akan dapat dipanen tiap hari, yakni 1kg per pohonnya. Harga borongan untuk hasil panen yang baik dapat mencapai Rp 5.000 per kg nya dan di pasar langsung dapat mencapai Rp 8.000 per kg nya. Artinya, kedepan kawasan tersebut dapat melakukan transaksi senilai Rp 750ribu per hari, belum bila penjualannya menggunakan konsep wisata. (esp)
Share:

Eksposa